Berita  

Kepala Staf Angkatan Laut Resmikan Mako Lanal Dumai Sebagai Simbol Kekuatan Pangkalan Prajurit Matra Laut

PASARKAYU
banner 468x60

TNI AL, Dumai,Sehatynews.id – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali meresmikan Gedung Baru Markas Komando Pangkalan TNI AL (Lanal) Dumai yang didampingi Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si. Kegiatan Peresmian yang dihadiri oleh Pangkoarmada RI, Pejabat Utama TNI AL, Kadis Mabesal, Danlantamal I dan Forkopimda Provinsi Riau yang dilaksanakan di Halaman Mako Lanal Dumai, Jalan Yos Soedarso No. 1 Dumai, Jumat, (04/08/2023).

Dalam sambutannya, Kasal menyampaikan bahwa TNI AL sebagai garda terdepan dalam pertahanan maritim memiliki kekhasan tersendiri dalam kekuatan militernya, yaitu dalam hal Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT), terdiri dari Armada Kapal Perang, Pasukan Marinir, Pesawat Udara dan Pangkalan. Sehingga memiliki pangkalan dengan sarana yang lengkap mutlak harus dimiliki TNI AL dalam mendukung unsur-unsur yang berada di medan operasi.

Jual Domain PREMIUM

Lebih lanjut dikatakan oleh Kasal, ini merupakan momen bersejarah bagi TNI AL, karena buah hasil dari kerjasama dan sinergitas yang baik dengan Pemerintah Provinsi Riau, TNI AL kini memiliki bangunan Mako dan fasilitas pendukung yang lengkap dan modern.

“Gedung Mako yang baru ini bukan hanya sebuah bangunan fisik, tetapi juga merupakan simbol kekuatan, keberanian dan dedikasi para prajurit TNI AL yang berjuang untuk melindungi dan menjaga keamanan di wilayah kerjanya,” pungkas Laksamana TNI Muhammad Ali.

Pembangunan serta renovasi Mako Lanal Dumai dilaksanakan selama 8 bulan terhitung sejak April 2022 sampai dengan Desember 2022. Selain itu juga dibangun infrastruktur pendukung lainnya seperti Gedung Wijaya Kusuma, Gedung Jalasenasri, tiang bendera pos jaga depan, gerbang dan pos pantau 2 unit, drainase, halaman upacara, serta pagar pembatas.

Usai acara peresmian Gedung Mako Lanal Dumai, Kasal beserta Ketua Umum Jalasenastri dan Pejabat Utama TNI AL dan Walikota Dumai juga meresmikan renovasi Gedung TK. Hang Tuah Dumai.

Turut hadir pada acara tersebut, Pangkoarmada RI Laksdya TNI Heru Kusmanto, Asintel Kasal Mayjen TNI (Mar) Suaf Yanu, Aslog Kasal Laksda TNI Agus Santoso, Aspotmar Kasal Mayjend TNI (Mar) Markos, Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, Danrem 031/WB, Wakapolda Riau Brigjend Pol Kasihan Ramadi, Ketua YHT Pusat Laksda TNI Purn Dr. Dani Achdani, Forkopimda Provinsi Riau, Bupati se-Provinsi Riau dan undangan lainnya.

(Pen Lanal Dumai)

sehatyTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JIIFINA - JOGJA 2024