Operasi TMMD Ke-117 T.A 2023 Kodim 0731/Kulonprogo Dibuka Sebagai Wujud Nyata Bela Negara

PASARKAYU
banner 468x60

Kulonprogo (DIY), SEHATYNEWS.id – Pembukaan Operasi TNI Manunggal Membangun Desa Reguler Ke-117 Tahun Anggran 2023 Kodim 0731/Kulonprogo digelar di Lapangan Kalurahan Ngargosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Rabu (12/07/2023).

Kegiatan diawali dengan Upacara pembukaan dengan Inspektur Upacara Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY Dr. Sukamto, S.H., M.H., Komandan Upacara Pasi Ops Kodim 0731/Klp Kapten Arm Mashudi dan Perwira Upacara Pasi Pers Kodim 0731/Klp Kapten Caj (K) Kelli Wijaya.

Jual Domain PREMIUM

Tampak hadir di tribun kehormatan Plh. Pj. Bupati Kulonprogo Triyono, S.I.P., M.Si., Kasrem 072/Pmk Kolonel Inf Hotlan Maratua Gurning, S.I.P., beserta Kasiter Kolonel Kav Agus Waluyo, Dandim 0731/Klp Letkol Inf Nurwaliyanto, Kapolres Kulonprogo AKBP Nunuk Setyowati. S.I.K., M.H,. Kepala OPD terkait, Anggota DPRD, Dan Satrad 215/Congot diwakili Letda Lek Anang Yulianto, Danyon B Satbrimob DIY AKP Edi Efiyanto, S.H., M.H., Danpos AL Letda Laut (P) Dafik , Ketua LVRI KP Mayor Pur. Suyatman, Ketua HIPAKAD KP Agung Sugiarto, Kepala Bakorda FKBN Kulonprogo Asep Suilo A.S dan tamu undangan lainnya.

Peserta upacara terdiri dari personel Yonif 403, Yon Armed, Kodim 0731/Klp, TNI AL, Sat Radar 215/Congot, Satbrimobda DIY, Polres Kulonprogo, Komcad, ASN, BPBD, Linmas, Pelajar SLTA, SLTP dan Pramuka.

Pada upacara pembukaan dibacakan Laporan Singkat Kesiapan Pelaksanan TMMD Reguler ke-117 oleh Dandim 0731/KP Letkol Inf Nurwaliyanto selaku Dan Satgas TMMD melaporkan untuk operasi sasaran fisik berupa rabat beton 950 meter di Padukuhan Ngaliyan Gunung A dan rabat beton 450 meter di Padukuhan Tulangan, penguatan badan jalan dengan bronjong di tiga lokasi, pembangunan Gardu Pos Kamling dua unit, drainase buis beton 125 meter dan RTLH dua unit, perbaikan Mushola Al Iman, Gereja St.Iqnatius Loyola dan Ruang Santri, pembuatan talud tiga unit, gorong-gorong plat beton lima unit dan Prasasti TMMD Reguler satu unit.

Untuk sasaran non fisik akan dilaksanakan dengan memberikan bimbingan, penerangan dan penyuluhan kepada warga masyarakat antara lain tentang Wawasan Keabngsaan dan Bela Negara, Pencegahan Stunting, Kamtibmas, Narkoba, Tertib Hukum dan Cegah Klitih, Penanggulangan Bencana Alam, Penyakit LSD dan Antrak pada hewan. Perlindungan Perempuan dan Anak serta Napsa, Pengembangan dan Peningkatan Produk UMKM dan Pencegahan Pernikahan Dini.

Anggaran bersumber dari APBD Provinsi DIY sebesar 125 juta rupiah, APBD Kabupaten Kulonprogo sebesar satu milyar rupiah dan APBD Kalurahan Ngargosari sebesar 11,8 juta rupiah.

Operasi TMMD Reguler ke-117 tersebut akan dilaksanakan selama 30 hari, mulai tanggal 12 Juli s.d 10 Agustus 2023. Personel yang dikerahkan sebanyak 250 orang setiap hari terdiri dari Satgas TMMD 150 orang, Relawan, Ormas dan Karang Taruna 30 orang, Aparat Pemerintah dan masyarakat 70 orang.

Usai upacara pembukaan dilanjutkan dengan tinjau medan dan pengecoran perdana rabat beton atau pengerasan jalan untuk sasaran fisik sebagai tanda dimulainya operasi TMMD Reguler ke-117 TA.2023 Kodim 0731/Kulonprogo yang diikuti oleh para pejabat Forkopimda DIY dan Kulonprogo.

Asep Susilo A.S selaku Kepala Bakorda Forum Kader Bela Negara Kabupaten Kulonprogo menyampaikan secara terpisah bahwa TMMD ini merupakan wujud kemanunggalan TNI & rakyat yang tidak terpisahkan, kami dari Potensi Pertahanan Negara ( Komcad & Komduk Bela Negara ) siap bergotong-royong dalam menyukseskan operasi TMMD ini sebagai wujud nyata Bela Negara. SISHANKAMRATA, tutup Asep yang juga merupakan Prajurit Komcad Matra Darat Yon III/Condroso Kodam IV/Diponegoro.

(Humas FKBN/KP)

sehatyTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JIIFINA - JOGJA 2024