Pj Gubernur Fatoni Imbau Masyarakat Untuk Kenali Sejarah Beserta Peninggalannya Melalui Museum

PASARKAYU
banner 468x60

Palembang (Sumsel), SEHATYNEWS.id – Selain melakukan kunjungan ke Museum Balaputra Dewa, Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni juga berkunjung ke Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya yang berlokasiĀ  di Jln.Syakyakirti, Karang Anyar, Kec. Gandus, Kota Palembang, Rabu (17/042023).

Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya (TWKS) atau sebelumnya dikenal dengan nama Situs Karanganyar merupakan objek wisata bersejarah yang menyimpan peninggalan Kerajaan Sriwijaya, mulai dari puing-puing hingga prasasti yang dibuat pada masa kerajaan terbesar se-Asia Tenggara ini. Kawasan ini memiliki banyak peninggalan bersejarah berupa barang-barang untuk kegiatan sehari-hari masyarakat pada zaman dulu,seperti tembikar,keramik,manik-manik dan struktur bata yang ditemukan oleh para arkeolog.

Jual Domain PREMIUM

Dalam kunjungannya Fatoni mengatakan bahwa kerajaan sriwijaya itu cakupannya cukup luas termasuk di antaranya adalah Sumbagsel, dari banyak temuan peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang paling banyak di temukan di wilayah Sumatera Selatan.

“Peninggalannya cukup banyak, dari berbagai peninggalan sejarah ini menunjukan bahwa Kerajaan Sriwijaya itu di antaranya adalah Sumbagsel dan dari banyaknya temuan peninggalan Kerajaan Sriwijaya itu banyak di temukan di wilayah Sumsel khususnya di Kota Palembang” jelas fatoni

Tak hanya berkunjung, Fatoni juga mengajak dan menghimbau masyarakat untuk datang agar dapat mengetahui sajarah beserta peninggalannya. ia juga meminta kepada pengelola museum dapat menjaga peninggalan sejarah.

“Pengelolaannya sudah cukup baik, namun juga masih perlu di tingkatkan dan dari ada masyarakat yang memiliki peninggalan-peninggalan atau barang-barang kuno bisa di sampaikan kepihak museum agar bisa di tulis, diteliti, dikaji untuk melengkapi lagi tentang Kerajaan Sriwijaya yang ada di Sumatera Selatan ini” tegas Fatoni

Terkhusus untuk generasi muda saat ini Fatoni mengatakan museum itu sangat penting, karena di museum kita dapat menemukan cerita atau kisah perjalanan dari sejak jaman dulu hingga sekarang, oleh karena itu Fatoni meminta kepada generasi muda untuk tahu bagaimana sejarah perjalanan khususnya Kerajaan Sriwijaya dari kejayaannya hingga keruntuhannya.

Turut hadir Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Edward Chandra, MH, Edukator TWKS Diah Anggraini Deliningtias, SS, Kepala UPTD TWKS Nuryasin, SE., M.Si., dan para Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Sumsel.

sehatyTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RHVAC 2024